Memfitnah Para Ulama

Pada halaman 70-76, beliau menyebutkan daftar pertentangan pendapat para imam-imam Ahlus Sunnah dengan Ibnu Taimiyah. Lalu beliau memetik nash-nash para imam berkenaan yang bukan ditujukan kepada Ibnu Taimiyah. Di antaranya, Al Imam An Nawawi الإمام النووي yang meninggal pada tahun 676 hijrah, sedangkan Ibnu Taimiyah lahir pada tahun 661 hijrah. Beliau tidak mengenali Ibnu Taimiyah. Begitu Al Imam Ibnu Al Jauzi الإمام ابن الجوزي yang meninggal pada tahun 598 hijrah.

Beliau juga meletakkan judul “Pertentangan Pendapat Ibnu Taimiyah dengan Imam Al Hafizh As Sayuthi”.[1] Sedangkan Ibnu Taimiyah telah meninggal 121 tahun sebelum kelahiran As Suyuthi السيوطي pada tahun 849H. Kemudian beliau memetik nash As Suyuthi yang tiada kena mengena dengan Ibnu Taimiyah. Dengan cara ini, pembaca akan menyangka Al Imam Suyuthi (meninggal 911 hijrah) dalam hayatnya tidak menyukai Ibnu Taimiyah. Sedang Al Imam Suyuthi memasukkan Ibnu Taimiyah dalam senarai Huffazhh hadits (para hafizh hadits), dalam kitabnya Thabaqat Al Huffazhh طبقات الحفاظ, Al Imam Suyuthi yang bermazhab Syafi’i itu memperkenalkan Ibnu Taimiyah seperti berikut: “Ibnu Taimiyah, seorang Syaikh, Imam, Al `Allamah (sangat Alim) Hafizh, seorang yang kritis, Faqih, Mujtahid, seorang penafsir Al Quran yang mahir, Syaikh Al Islam, lambang golongan zuhud, sangat sedikit sepertinya di zaman ini,..salah seorang tokoh terbilang..memberi perhatian dalam bidang hadits, memetik dan menyeleksinya, pakar dalam ilmu rijal (para perawi), `illal hadits (kecacatan tersembunyi hadits) juga fiqh hadits, ilmu-ilmu Islam, ilmu kalam dan lain-lain. Dia daripada lautan ilmu, daripada cendikiawan yang terbilang, golongan zuhud dan tokoh-tokoh yang tiada tandingan..”[2]

Demikian juga penulis Salafiyah Wahabiyah, meletakkan judul “Pertentangan Pendapat Ibnu Taimiyah dengan Imam Az Zarqani”[3]. Beliau memetik ungkapan Az Zarqani yang tiada kena mengena dengan Ibnu Taimiyah daripada kitab Manahil Al `Urfan مناهل العرفان . Beliau coba menggambarkan pertentangan yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Sebaliknya dalam kitab itu sendiri, penulis Muhammad `Abdul `Azhim Az Zarqani, banyak memetik pendapat Ibnu Taimiyah dengan hormatnya. Pada penelitian saya, sebanyak lima kali Az Zarqani memetik pendapat Ibnu Taimiyah di dalam kitabnya tersebut. Pada cetakan yang pada tangan saya adalah pada jilid pertama halaman 78 dan 90, pada jilid kedua pada halaman 162, 192, 202.[4] Bahkan halaman 202 beliau menamakan Ibnu Taimiyah sebagai Syaikh Al Islam, katanya: “Kata Syaikh Al Islam Ibnu Taimiyah: “Khilaf di dalam tafsir itu ada dua jenis….” . Lihatlah betapa penulis Salafiyah Wahabiyah ini ternyata melakukan kebohongan terhadap para ulama dan pengkhianatan terhadap ilmu.


[1] halaman 75

[2] Al Imam As Suyuthi, Thabaqat Al Huffazh, halaman 516, cetakan Maktabah Wahbah, Mesir.

[3] halaman 76

[4] Az Zarqani, Manahil Al `Urfan, jilid 1, halaman 109, cetakan: Dar Al Fikr, Beirut