Sarana Amal Thullabi: Pelayanan Umum (Amal Khidami)

Pelayanan umum ialah kegiatan yang dilakukan oleh amal thullabi dalam bentuk pelayanan di dalam atau di luar lingkungan mahasiswa.

Tujuan Pelayanan Umum

  1. Memberikan bantuan riil yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Mengarahkan kemampuan mahasiswa untuk merealisasikan tujuan/hal-hal yang nyata.
  3. Melibatkan mahasiswa dalam problematika mereka dan problematika masyarakat.
  4. Memberikan bukti nyata tentang kemampuan aktivis mahasiswa dalam mewujudkan tujuan kegiatannya.
  5. Melatih mahasiswa dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan amal khidami.
  6. Melakukan koordinasi antara amal thullabi dengan instansi-instansi pemerintah.

Jenis-jenisnya

Pelayanan Umum di lingkungan mahasiswa:

  1. Kegiatan menanam pohon atau penghijauan
  2. Melakukan kebersihan dan pemeliharaan keindahan kampus.
  3. Membantu memperbaiki kampus, misalnya mengecat, … dan lain-lain

Pelayanan di luar lingkungan mahasiswa :

  1. Mengatur lalu lintas
  2. Penyuluhan kesehatan tentang bahaya merokok, gizi,dan lain-lain.
  3. Donor darah.
  4. Melakukan kerja bakti.

Persiapan Pelayanan Umum

  1. Menentukan dan menjadwalkan aktivitas pelayanan dalam setahun pada hari-hari libur dan di luar hari-hari ujian.
  2. Menentukan aktivitas pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh kampus atau masyarakat.
  3. Melakukan koordinasi dengan universitas’ agar melibatkan sebanyak mungkin mahasiswa dan dosen dalam aktivitas pelayanan.
  4. Melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga lain yang terkait untuk meminta bantuan dana.
  5. Waktu publikasi yang cukup dan penyadaran mahasiwa tentang pentingnya keterlibatan mereka.
  6. Memperhatikan norma-norma umum dalam bekerja :
    • Bekerja sama dengan orang lain.
    • Membantu masyarakat umum.
    • Memperkuat hubungan antara mahasiswa dengan dosen, kampus dengan masyarakat.
  7. Memakai seragam khusus dalam bekerja yang menunjukan syi’ar Khidmah Amal Thullabi.
  8. Memberikan sertifikat/ penghargaan bagi mereka yang besar kontribusinya dalam pelayanan.
  9. Berupaya melibatkan lembaga-lembaga kemasyarakatan di luar kampus dan melakukan koordinasi dengan mereka.
  10. Evaluasi kegiatan dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahannya.